MURAL MUSEUM BASOEKI ABDULLAH

MURAL MUSEUM BASOEKI ABDULLAH



Global Art Forum Loca - LocaInstitute.com | MURAL MUSEUM BASOEKI ABDULLAH
.


Dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 2020, Museum Basoeki Abdullah, Jakarta, mengadakan lukis dinding (mural) sekaligus melukis jalanan juga. Bertempat di sepanjang Jl. Keuangan, mulai dari gang masuk jalan raya Fatmawati hingga depan Museum Basoeki Abdullah terlukis mural dengan bentuk 3D, yakni, lukisan yang saat difoto dapat menghadirkan dimensi lain. 

MURAL MUSEUM BASOEKI ABDULLAH



Kekuatan gambar yang dilukis membentuk 3 dimensi terlihat ketika difoto akan hadir subyek yang difoto seperti pada suatu tempat dengan latar obyek 3 dimensi seperti yang dilukis. 

Hal ini membuat pemandangan lain, ketika melakukan pemotretan di tempat tersebut. Khusus Jl. Keuangan Raya dapat ditemukan obyek jembatan dengan berbagai bentuk, bebatuan di pinggir kali dan sebagainya. 

Gotong Royong Lukis Dinding 


museum basoeki abdullah



Pembukaan acara lukis mural ini dilakukan oleh Hilmar Farid, Direktur Jendral Kebudayaan, bersama Marullah Matali, Walikota Jakarta Selatan. Acara ini dilaksanakan pada 25 Agustus 2020, jam 10.00 wib. Sepanjang 500 meter lukisan diatas jalan membentuk 3 dimensi terwujud berkat kerja sama seniman anggota perupa Jakarta dan masyarakat sekitar. 

Acara dilanjutkan dengan melukis Jl. BNI, gang sebelah Jl. Keuangan Raya yang posisinya masih satu Rukun Tetangga dengan Museum Basoeki Abdullah. Serta Balai Rukun Warga 05 Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak. Jakarta Selatan. 

"Kerja bersama atau gotong royong ini merupakan kerja menarik antara lembaga seperti Museum Basoeki Abdullah dengan warga setempat ", pungkas Dra Maeva Salmah Msi, Kepala Museum Basoeki Abdullah, Jakarta, pada kesempatan pengembangan mural atau lukis di dinding yang berada di Jl BNI dan Balai Warga RW 05. 


(Penulis Frigidanto Agung

 


0 Comments