KARYA GIGANTIK HARMONI(S)

Karya Gigantik Harmoni(s)



Global Art Forum Loca - LocaInstitute.com | KARYA GIGANTIK HARMONI(S).

Karya Gigantik Harmoni(s) yang akan dibangun di area Muaro Jambi merupakan project karya dari Kilau Art Studio berkolaborasi dengan para pengrajin di Jambi. Karya ini dibuat dari bahan gulma Resam yang merupakan tumbuhan benalu yang banyak terdapat di daerah Jambi. 

KARYA GIGANTIK HARMONI(S) 


Resam, Rasam atau Paku Andam (Dicranoptaris Linearis / Gleicheinea Linearis) merupakan jenis tumbuhan paku yang banyak tumbuh di tepi pegunungan. Resam sendiri dikenal sebagai tumbuhan invasif dimana keberadaanya menyebabkan tumbuhan lainnya sulit berkembang dengan baik. Oleh karena itu, keberadaan resam yang terlalu banyak bisa mengganggu pertumbuhan lain di sekitarnya. 


resam sebagai bahan pembuatan kerajinan



Masyarakat Jambi sendiri sudah memanfaatkan Resam untuk berbagai macam barang yang fungsional. Seperti kerajinan topi, tas, keranjang dll. Salah satu pengrajin yang dianggap sebagai maestro tentang kerajian Resam adalah Pak Abdi Nur

Menurut Pak Abdi Nur, " Resam itu penuh tidak melimpah, berisi tidak berkurang."

Peranan Resam yang menjadi hama bagi tanaman lainnya inilah yang kemudian menginspirasi para perupa yang tergabung dalam komunitas Kilau Art Studio untuk membuat sebuah karya seni. Melalui Fasilitasi Bantuan Kebudayaan yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, para perupa yang berkolaborasi memilih daerah Muaro Jambi untuk berkarya. 


karya seni dari resam harmonis


Pembuatan karya ini sendiri merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan seni monumental bagi masyarakat Kabupaten Muaro Jambi. Dan mengajak untuk menggali sumber daya alam menjadi bahan komoditas alternatif sebagai produk pembuatan karya seni serta mengajak para petani untuk mengurangi bahan kimia untuk pembasmian gulma.

Tahapan proses pembuatan karya ini, juga akan di-publish di gallery Loca Institute, sebagai bentuk dokumentasi dan untuk memberikan informasi pada pembaca tentang pembuatan karya ini. 

Dan berikut ini link tentang proses pembuatan karya Gigantik Harmoni(s) :  



(Credit Image : Rengga Satria)



0 Comments