WORKSHOP DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK

workshop daur ulang sampah plastik


WORKSHOP DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK


🏡  Tugu ombus ombus
       Siborong-borong 
       Tapanuli Utara - Sumatra Utara. 

⏰  Sabtu 18 Juli 2020
       Jam 10.00 - 17.00.  

👨  Nara sumber : Baja Panggabean

Bersama Komunitas Seni Siborong Borong. 


WORKSHOP DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK


Ayo kawan - kawan...
Mari bermain sampah kembali...

Revolusi Seni Daur Ulang


Persoalan limbah plastik menjadi persoalan utama belakangan ini,  beberapa lembaga kampanye soal pengurangan sampah plastik dan penggunaan bahan yang mudah terurai untuk kebutuhan sehari hari. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa kampanye itu belum maksimal. Sebab, pada hakekatnya sampah adalah bagian dari rasa cinta manusia terhadap sumber sampah itu sendiri. 

Segala kebutuhan sehari-hari dan sifat konsumerisme telah meninggalkan jejak yang disadari maupun tidak, telah menjadi sumber malapetaka bagi manusia itu sendiri dan alam semesta. 

Kemasan produk yang begitu cantik dan membuat manusia jatuh cinta. Hingga lupa akan diapakan setelah isinya dipergunakan atau dikonsumsi. Hal ini lah yang membuat manusia lupa dan seenaknya membuang semua sisa produk kemasan setelah digunakan. 

Penumpukan sampah pun terjadi, terutama limbah kemasan plastik, baik di tanah, sungai dan laut. Sehingga rusaklah bumi dan segala isinya yang kita cintai ini. 

Mencegah Sampah Menjadi  Sampah


Bagaimana kita mengenal dan mencintai bumi beserta isi nya?

Mencegah sampah menjadi sampah adalah sebuah cara bagi setiap orang untuk memandang dengan cara yang berbeda terhadap keberadaan sampah yang ada di sekitar kita. Bahkan terhadap barang-barang yang sudah tidak berguna yang tertumpuk di sekitar. Tentu saja workshop ini menjadi sebuah sarana berbagi imajinasi untuk menjadikan sampah menjadi sesuatu yang bernilai dengan sentuhan-sentuhan yang sederhana.

Workshop ini akan mengajari kita bagaimana menambah nilai estetika bahkan bukan tidak mungkin menambah nilai ekonomi ke dalam sampah yang sebelumnya menjadi masalah. "Mencegah Sampah Menjadi Sampah"  adalah bagian dari cara untuk menjadikan mendaur sampah menjadi hal yg bisa dicintai kembali oleh manusia. melestarikan kembali hakekat bumi dan manusia adalah bagian dari rasa cinta dan menghargai segala bentuk apa pun yang merusak kehidupan ini.

Kegiatan ini didukung oleh berbagai kominitas di beberapa wilayah : Jakarta, Medan, Brastagi, Siantar, Toba Samosir dan  Taput.

Dalam kegiatan ini pun, peserta diwajibkan mencuci tangan, memakai masker, penempatan diatur jarak nya sesuai SOP keesehatan pada era New Normal  selama berjalan nya kegiatan workshop seni daur ulang ini. 

Tetap semangat,terus berkarya, jaga kebersihan dan kesehatan.

Suport by :




0 Comments